Jumat, 12 Juli 2013

Buku, Waktu, dan Haru

Sebenarnya mau update blog ini tepat sehari setelah nulis "Inspirasi Masa Kecil..Noni" tapiiii..yah biasa. Suka lupa, suka males, suka-suka banget ngisi blognya. Jadiiii....yah baru sekarang bisa up-date. So, this is it..

Bandung,Mei 2008 (percakapan telpon dengan Tiko, teman lama yang tinggal di Semarang)

A (saya) : Lo tinggal di Semarang kan? 
T (Tiko)  : Iya
A :Tau Krapyak kan?
T :Tau
A : Karangayu?
T : Tau
A : Ada jalan Subali Makam di sana?
T : Belum pernah dengar. Emang kenapa sih?
A : Rumahnya Noni
T : Siapa? Temen?
A : Bukan, buku Noni.
T : Itu buku apa?
A : Petualangan anak namanya Noni temenan sama buron namanya Godek.
T : Bagus?
A : Seru,keren,udah baca dari kecil,masih disimpen sampai sekarang.
T : Komik?
A : Novel. Serial sih tapi cuma punya 1 buku aja yang judulnya Sandiwara Berdarah. Katanya mau dicetak ulang sama Gramedia tapi mau yang terbitan pertama tahun 1986 kayak yang gw punya.
T : Kenapa?
A : Biar ada nilai historynya aja. Soalnya bukan buku biasa. 
T : Kenapa?
A : Satu-satunya buku Noni yang gw punya itu,punyanya tante yang udah meninggal. Tante kesayangan. Buku kesayangan. Tokoh kesayangan. Hehe..
T : Udah cari kemana aja serial lainnya?
A : Waktu di Lampung udah ke toko-toko buku bekas nggak ada yang jual. Sekarang di Bandung udah cari kemana-mana juga nggak ketemu.Cariin di Semarang dong, siapa tau ada. Ya?
T : Iya.Insya Alloh
Bandung,beberapa hari kemudian (percakapan telpon lagi)
T : Udah cari kemana-mana tapi nggak ada Noninya..buku Bung Smas yang laen juga nggak ada.Susah ya nyarinya
A : Eh seriusan dicariin ya..hehe..Makasih
T : Lho,kemarin emang minta cariinnya nggak serius?
A : hehe...Serius kok. Cuma nggak nyangka aja serius dicariin.
Yogyakarta, Agustus 2008 (beberapa hari setelah jadi pacar)
A : Kita jadi ke Shopping kan?
T : Iya mau liat-liat contoh skripsi
A : Sekalian cari Noni ya
T : Iya..siapa tau ada
(setelah capek ngubek2 Shopping seharian tetep nggak menemukan Noni)
Jakarta, 2009 (gw dan Tiko sudah jadi penghuni Jakarta dengan status pekerja)
A : Kemaren kemana aja?
T : Kwitang,Senen ngubek-ngubek tempat buku bekas
A : Hah? Ngapain?
T : Nyari Noni.
A : Serius?
T : Iya,tapi nggak ada.Susah banget
A : Yaudah nggak papa..tar kalau jodoh juga ketemu.

Jakarta, 2009
A : Pas musuhan kemaren hari Sabtunya kemana?
T : Muter-muter aja..
A : Iya..kemana?
T : Tempat buku bekas
A  : Nyari Noni ya?
T : Apa lagi?
A : Hehe..terus ketemu?
T : Kalau yang terbitan baru kata abangnya ada.
A : Kalau mau yang baru, aku tinggal ke Gramedia aja
T : Iya makanya aku nggak beli. Yang terbitan pertama di sana nggak ada. Tapi aku udah ngasih nomor telpon ke abang-abang di sana.Katanya nanti dikabarin kalau ada.
A : Hah? Serius? Tar pasti dimahalin deh karena dikira kamu pengen banget
T : Emang pengen banget kok. Nggak papalah kalau masih bisa kebayar.
A : Tapi itu nggak cuma satu buku lho. Kan serinya banyak.
T : Ya abangnya juga nggak janji. Udah langka soalnya. Kalau Pulung malah ada kayaknya tadi.
A : Maunya Noni
T : Iya ntar diusahain kata abangnya
A : Makasi ya
T : Kenapa? Buat apa?
A : Udah serius mau cari Noni
T : Kalau ketemu pun nggak akan aku kasih ke kamu sekarang kali
A : Lah kok gitu?
T : Haha..ini terlalu sakral buat aku
A : Maksudnya?
T : Yah..terlalu sakral. Harus di moment penting ngasihnya.
A : Nggak ngerti..
T : Nanti, kalau Noninya ketemu, aku kasihnya pas married atau pas putus ya..
A : Dih aneh...lama..
T : Ya harus sabar..nyari Noni dari kecil aja sabar
A : Iya ya..iya deh. Mudah-mudahan ketemu.Mudah-mudahan ngasihnya pas married lah..jangan pas putus. Amit-amiiit *getok2 meja
T : Hehe..Iya amin
T : Tapi aku hebat ya
A : Kenapa?
T : Lagi berantem aja masih ngelakuin hal buat kamu.
A : Haha..Sombong.

Jakarta, 2010 
A : Tadi abis nulis tentang Noni di WIC
T : Apa tuh?
A : World Inspirational Contest..yang ngadain akun Aku Bisa di facebook. Disuruh nulis tentang tokoh yang menginspirasi kita gitu deh
T : Terus nulis tentang Noni?
A : Iya..kan inspirasi masa kecil tuh. Cara Bung Smas nulis juga kan punya pengaruh ke cara aku nulis.
T : O..terus buat apa? Dapet hadiah?
A : Nggak tau dapet hadiah apa nggak..cuma pengen share aja sih.Tulisan tentang Noni ini kan udah aku tulis dari dulu.Pas ada momennya buat share ya kirim aja.
T :Tumben ikut-ikut lomba gitu ngasih tau,biasanya diem aja. Kan katanya malu kalau tulisannya aku baca.
A : Soalnya butuh jempol
T : Hah? Apaan?
A : Iya di lombanya ada pemenang favorit juga.Nentuin pemenang favorit  dari jumlah yg terbanyak dikasih jempol. Makanya kasih jempol ya
T : Halah..halah..Iya yaudah.
A : Hehe..makasih. Sekarang  mau ngebajak fb-nya Adek Ica dan Ayie buat kasih jempol.

Bandar Lampung, 13 November 2011
Terdengar suara Master of Ceremony di sebuah acara pernikahan setelah ijab kabul dibacakan.
MC : Nah ini katanya dari suami ada yang mau diserahkan secara khusus ke istrinya
A   : (bingung)
T   : (ngasih kotak lumayan besar transparan)
A   : (kaget)
MC : Itu masnya ada yg mau diomongin soal hadiah khusus ini nggak?
T   : Iya.Em..saya tau Anggi suka baca.Dan ini buku yang sudah Anggi pengen banget dari kecil.Bukunya bagus, ada beberapa seri tapi maaf ini belum lengkap.Cuma ketemu beberapa yang terbitan pertama. Mudah-mudahan bermanfaat.
A   : (hening)
A   : Iya.Makasi Noninya mas..

Setiap orang punya momen paling indah untuk dikenang.Tapi buat gw,ini salah satu yang nggak bisa dilupakan. Menyadari seseorang menyiapkan bertahun-tahun pencarian untuk sebuah hadiah di hari pernikahan sesuai janjinya hanya untuk gw itu mengharukan. Dan ucapan terimakasih aja buat Tiko, gw rasa nggak cukup. Tapi mudah-mudahan tulisan ini cukup mewakili bahwa kado Noni itu indah, romantis, dan sakral. Yes..totally sakral.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar