Rabu, 09 April 2014

Selamat Ulang Tahun Uyen...

Sejak 10 tahun yang lalu, setiap tanggal 9 April, saya selalu bingung. Bukan karena bingung mau nyoblos apa tapi karena di tanggal segitu ada seorang sahabat yang berulang tahun. Namanya Yenni Apriliani (Uyen). Semakin lama sahabatan, semakin bingung mau ngucapin apa lagi di teks ucapan ulang tahun karena hampir semua doas udah pernah ditulis dan diulang setiap tahun.

Hebatnya, Uyen hampir selalu jadi orang pertama yang mengucapkan selamat setiap kali saya berulang tahun. Saya juga kayaknya. Sekarang sejak kita jauhan lagi (Uyen pindah lagi ke Subang dan saya pindah lagi ke Lampung) dan nggak bisa mengucapkan secara langsung, kita jadi lebih kreatif dalam hal ucap-mengucapkan ini.

Ultah Uyen yang ke 26 saya ucapkan di seluruh media sosial mulai dari fb, twitter, instagram, LINE, whatsapp, naon deui ya... sampai terakhir di yahoomail dan kasih kolase foto-foto kita berdua. Tahun ini saat saya ulang tahun yang ke 28, itu lebih keren lagi. Si Uyen dan suaminya yang juga keren yaitu Ipul bikin video di You Tube untuk mengucapkan ulangtahun. Walaupun menontonnya sempat tertunda beberapa hari kemudian karena masalah jaringan (hari giniiiiiii.....), tapi video itu berhasil membuat saya terharu pisaaan..

Nah, besok adalah hari ulang tahun Uyen, saya nggak mau kalah dan mau memberi yang beda juga. Jadi semaleman ceritanya mainan movie maker, pilih lagu, pilih-pilih foto, kasih-kasih caption sampai jam 3 pagi .

Laluuuuu..

Leptop ngehang dan hilanglah semua kreatifitas yang cuma bisa muncul malam-malam itu. Saya pun patah semangat dan akhirnya kepikiran untuk nulis aja deh. Dari dulu memang sempat punya rencana buat nulis tentang Uyen di blog karena beberapa kali namanya muncul di cerita-cerita dalam blog (tanpa orangnya tahu..). Nah momennya pas nih, jadi ditulislah ini semua untuk Uyen. Biar apa? Biar saya juga bisa sekeren Uyen dan Ipul.

Jadi, inilah ini. Tulisan yang didedikasikan khusus untuk sahabat tersayang Yenni Apriliani H. Selamat membaca!

7 THINGS ABOUT YOU:

1. Uyen, manusia dengan tingkat perubahan mood paling drastis yang pernah saya kenal. Dia bisa suatu saat lagi ketawa-tawa  eh tiba-tiba ngilang dan ditemukan kembali dalam keadaan masih hidup tapi dengan mimik muka yang BT banget. Kalau itu sudah terjadi JANGAN PERNAH...sekali lagi JANGAN PERNAH sok care dengan nanya "Kenapa Uy?" karena itu hanya akan bikin yang nanya ikutan BT gara-gara dicuekin. Tapi juga JANGAN PERNAH..inget..JANGAN PERNAH...nyuekin dia yang lagi BT dengan tetap ketawa-ketawa dan seolah-olah nggak ada masalah. Nah terus harus gimana? Entahlah..sampai hal ini dituliskan, itu masih jadi misteri alam. Dulu, perubahan mood Uyen yang drastis itu biasanya diakibatkan homesick kalau dia udah kelamaan nggak pulang ke rumah gara-gara banyak kegiatan di kampus. Jadi salah kampus? Salah temen-temen kampus? Nah...

2.Tapi selain sifat moodynya yang naik turunnya itu kayak ayunan TK, Uyen itu teman yang paling banyak kemiripan sama saya. Nggak heran kalau dia cerdas, asik, ramah, menarik. Yah mirip saya banget (kesempatan narsis).

3. Uyen, entah kenapa mudah banget berteman sama makhluk lain. Alias laki-laki. Hampir semua temannya adalah laki-laki dan dia punya kesulitan kalau harus berakrab-akrab ria dengan perempuan. Jadi, teman Uyen yang berjenis kelamin perempuan itu bisa dihitung pakai jari. Jarinya kaki seribu. Nggak sebanyak itu sih. Dikit deh pokoknya. 

4.Dulu di antara teman-teman yang lain, Uyen ini yang paling rajin solatnya. Nggak pernah tinggal. Malah, kalau kesiangan bangun solat subuh, dia dulu bakal solat subuh jam berapapun dia bangun. Walaupun bangunnya udah mau Ashar. Ini boong (yang bangun pas Asharnya yang boong..#yedibahas)

5. Ada satu misteri tentang Uyen yang dulu saya sama sekali nggak tahu dan penasaran. Jadi si Uyen ini punya inisial H di belakang namanya. Yenni Apriliani H. Setiap teman-temannya nanya (termasuk saya) apa kepanjangan dari H itu, dia nggak pernah mau jawab. Nyebelinnya dia selalu jawab gini," H itu hajah, tapi nggak sombong, makanya ditaro di belakang nama."Deim...

6. Uyen itu suaranya bagus.Gus. Gus. (Lalu datanglah si Bagus Onyet). Dan kita berdua hobi banget karaoke. Mulai dari karaoke pake koin yang bisa makan waktu berjam-jam buat milih lagu, karaoke hampir serius di Naff, Inul Vista dll sampek karaoke yang harus serius karena nyanyinya di tengah food court yang berarti diliatin sama semua pengunjung food court. Eh tapi itu Uyen, saya yang maksain dia biar mau. Suka karaoke bukan berarti ahli nyanyi juga sih, saya dan Uyen lebih suka berbagi suara. Uyen suara satu, saya..suara dalam hati. Watiiir....


7. Satu lagi yang pasti banget bikin saya inget Uyen adalah petualangan kami dulu yang nyaris diculik supir taksi. Cerita lengkapnya ada di sini. Itu, unforgetable moment bingits. 


Nah jadi kenapa cuma 7? Karena waktunya terbatas. Kalau dikasih waktu dari tahun kemaren, pasti bakal lebih banyak lagi. 

Intinya....jangan nilai dari tulisan ini ya Uy, tapi nilai dari niat dan usahanya (tetep aja pengen dinilai). 

Eh dari tadi nulis udah ngucapin ulangtahun belum sih? Belum ya? Padahal itu intinya.

Selamat Ulang Tahun Uyeeen...Doanya sama aja kayak tahun kemaren. Aamiin...

Dan mengutip A.A. Milne (Winnie-the-Pooh):
It is more fun to talk with someone who doesn't use long, 
difficult words but rather short, easy words like "What about lunch?"....
(yuk ah makan-makan dimana kita?)