Jumat, 22 April 2016

LE PETIT PRINCE : PANGERAN CILIK (ANTOINE DE SAINT-EXUPERY


Berbagai bentuk sindiran dan pelajaran hadir dalam buku ini tidak untuk kita telan bulat-bulat melainkan melalui proses pemahaman yang menorehkan (sedikit) rasa getir. 

Gaya bercerita yang mampu menerjemahkan banyak hal di muka bumi dan mensubtitusinya dengan hal-hal kecil yang sederhana membuat buku ini malah tidak menjadi buku yang sederhana. Buku ini akan sangat mudah dipahami oleh anak-anak, tapi buku ini akan memberi makna yang lebih besar jika dibaca orang dewasa. Oleh karena itu buku anak ini adalah buku yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Karena mereka suka berpikir tentang hal-hal yang serius. ☺

Cerita favorit saya adalah saat Pangeran Cilik bertemu dengan rubah. Tentang teori menjinakkan. "Kamu menjadi bertanggung jawab untuk selama-lamanya atas siapa yang telah kamu jinakkan." (Hal.88)

Dan juga sebuah sindiran tentang penguasa. "Ia belum tahu bahwa dunia lebih sederhana bagi raja-raja : semua orang adalah rakyatnya."(Hal. 43)


Mengutip kata-kata Henri Chambert-Loir di halaman Katebelece, "Pangeran cilik adalah kisah cinta, dan sebagaimana halnya cinta, pengungkapan sama penting dengan perasaan."

https://bukubukubekas.wordpress.com/2013/11/30/novel-antoine-de-saint-exupery-le-petit-prince-pangeran-cilik/