Rabu, 01 Juni 2016

86 (OKKY MADASARI)



Saat membaca setiap lembar 86, hanya satu kalimat ini yang terus menerus berulang dalam pikiran saya. "Penulis sangat menguasai ceritanya." Dia sangat mengetahui apa yang dipikirkan pembacanya kala cerita bergulir dan sangat peduli akan setiap detail kecil di ceritanya. Tidak ada ruang untuk meragukan kemampuan riset Okky dalam 86. Sangat mendalam dan ternyata tidak mengherankan karena ia sempat berkecimpung di dunia jurnalis bidang hukum dan korupsi.

Membaca buku ini benar-benar membuka wawasan dan pandangan. Masalah-masalah besar bangsa ini hadir dan menyatu dalam konflik kehidupan Arimbi. Bobroknya sistem peradilan, mafia hukum, suap-menyuap, korupsi, narkoba, dan intrik dalam penjara.

Sama seperti buku Okky yang lain yaitu "entrok" aroma idealisme sangat kental dirasakan. Buku-buku seperti inilah yang seharusnya banyak beredar di pasaran. Buku-buku yang kaya akan pesan moral, tidak menggurui namun pesannya sampai. 

Membaca buku ini efeknya malah lebih menakutkan dibanding membaca UU Tipikor, ia menunjukkan segala detail yang menyesakkan tentang kehidupan seorang terpidana korupsi dan efek yang akan menderanya dalam kehidupan sosial. Tidak terbayangkan beratnya menjadi Arimbi terutama saat ibunya terpaksa dioperasi dan Bapaknya terpaksa menjual kebun satu-satunya yang selama ini digunakan untuk menafkahi keluarga demi biaya operasi. Tidak ada uang untuk besok makan dan Arimbi tidak bisa berbuat apa-apa untuk meringankan beban itu karena dia sendiri di dalam penjara. Kehidupan penjara yang kelam yang biasa saya dengar selama ini, dibeberkan secara blak-blakan dan membuat ngeri. 

Konflik yang ada benar-benar tersusun dengan baik. Karakter tokoh utama yaitu Arimbi dan Ananta juga tidak berlebihan. Semua diceritakan dengan proporsional lengkap dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. 


Satu narasi tentang 'masa lalu' yang saya suka: 
"Dia sedang memandang masa lalu sebagai kewajaran. Diceritakan ulang hanya sebagai kenangan dan hiburan."

Sumber gambar : https://www.goodreads.com/book/show/10642206-86